JENIS – JENIS USAHA ONLINE

Selain jualan ebook, sebenarnya ada banyak jenis usaha online yang bisa kita terjuni. Internet memberikan banyak kemudahan serta kesempatan untuk menjadi bebas secara finansial alias kaya raya. Jika anda belum memahami, mengerti, atau tahu peluang usaha yang tersedia di Internet silahkan baca tulisan saya sebelumnya karena topik bahasan kita kali ini memang kelanjutannya. Sip…sip….sip…taariiik !!

JENIS USAHA WEBSITE IKLAN 
Sebelumnya kita cuman bahas mengenai jualan ebook dan jualan barang selain ebook. Nah, kali ini saya akan menunjukkan jenis usaha website iklan. Contohnya yah wapannuri.com ini ! Tujuan sebuah website iklan ini memberikan informasi dan mengharapkan orang lain mengklik iklan yang juga muncul di antara artikelnya. Sukses atau tidaknya sebuah website iklan tergantung dari seberapa banyak orang yang mengklik iklan – iklan tersebut. Kalo sekarang, mottonya lain, yaitu mengharapkan orang salah mengklik iklan yang dikira link menuju topik lainnya. Halal nggak ? Yo jelas halal dong….tidak melanggar hukum kok ! Semakin canggih anda menyisipkan iklan tersebut ke tulisan anda maka semakin banyak pula pendapatan iklan yang anda peroleh.

Bagaimana caranya membuat website iklan ini ? Atau dimana saya harus mendaftarkan diri untuk menjadi pemasang iklan ini ? Banyak…mau yang lokal (pake bahasa Indonesia) atau yang internasional (pake bahasa Inggris) Untuk publisher iklan yang lokal atau bahasa Indonesia silahkan pilih mau daftar diAdsensecamp.com, kliksaya.com, sitti.co.id atau banyak lagi. Sedangkan yang internasional silahkan mendaftar di google adsenseAdbriteclickbank, dan lainnya. Pokok’e situs – situs yang menyediakan jenis usaha seperti ini sangat banyak di internet. Jika anda tertarik untuk mencoba peruntungan di jenis usaha online ini silahkan belajar di forum adsense indonesia !

Ngomong – ngomong mengenai wapannuri.com, apakah layoutnya memberikan penghasilan yang besar ? He…he…he…nggak ! Nggak besar penghasilan saya dari sini. Kenapa pak ? Iya, soalnya salah layout ! Waktu pertama kali saya bikin website ini, tujuan saya adalah menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, bukan difokuskan kepada penghasilan iklan. Bagaimana membuat wapannuri.com ini enak dibaca dan di-bookmark orang sebagai salah satu situs yang harus dikunjungi karena isinya yang menarik dan menginspirasi ! Lagipula, waktu itu saya masih bodoh dalam dunia iklan mengiklan ini ! Makanya tidak menghasilkan begitu banyak pendapatan dari iklannya.

Terus, layout seperti apa yang bisa menghasilkan banyak rupiah atau dollar mengalir ke rekening kita ? Nah, mau cara yang kasar atau cara yang halus ? Sebuah gambar tentunya lebih menjelaskan daripada banyak kata-kata ! He…he…he….

Hometips.com salah satu website iklan terbaik yang seharusnya kita tiru ! Layoutnya pasti membuat orang mengklik iklan GAnya.

The Hack3r.com, website yang menyediakan download film gratis ! Dia mendapatkan penghasilannya dari setiap link yang ada iklannya ! Kalau untuk film bioskop gratisan, saya rela ngeklik kok ! Ha..ha..ha…

Intinya, ada dua cara untuk mendapatkan uang dari website berbasis iklan ini. Pertama dengan cara memperbanyak pengunjung untuk datang ke situs kita. Cara berikutnya adalah dengan memuat pengunjung loyal kepada kita. Cara mana yang anda pakai tidak jadi masalah, yang penting anda menghasilkan dan tidak melanggar peraturan dari penyedia iklan !

JENIS USAHA KONSULTASI
Di pertengahan dan akhir tahun 2010 ini saya melihat fenomena website konsultasi ini di Indonesia. Ada yang mengiklankan dirinya sebagai konsultan pajak, sebagian sebagai konsulatan anak, dan banyak sebagai konsultan internet marketing. Mereka menjual kursus online, seminar online, dan pelatihan online. Apakah cukup di online saja ? Nggak, di kurus online mereka lebih mnampilakan image mereka. Pendapatan terbesar mereka sebenarnya dari training offline yang mereka selenggarakan. Loh ?

Memang sebenarnya begitu teman – teman. Sebuah bisnis online mempunyai banyak kelebihan sekaligus banyak kekurangan. Bagaimanapun juga bisnis offline atau yang kelihatan, bisa dipegang, dan bisa dirasakan lebih disenangi banyak orang. Jadi jangan memfokuskan diri di bisnis online kemudian melupakan bisnis anda di dunia nyata. Antara yang nyata dan yang maya harus diseimbangkan, yang bisa dilakukan, dan yang lebih mudah dilakukan secara nyata jangan dipaksakan di dunia maya ! Sebaliknya, yang lebih efektif dilakukan di dunia maya jangan diterapkan di dunia nyata ! Sebuah bisnis yang hanya cocok dilaksanakan di dunia nyata jangan dibuat versi mayanya ! Jualan barang – barang kebutuhan pokok seperti beras, gula, sayur, dan daging lewat internet tidak akan membuat anda kaya raya ! Itu pekerjaan yang sia-sia ! Kecuali anda menjual secara grosir ! Tetapi tetap saja kalah dengan mereka yang berbisnis secara nyata!

Bagaimana dengan jenis usaha konsultasi online ini ? Yang pasti membutuhkan suatu keahlian yang spesifik. Jika anda tidak memiliki talenta di sini sebaiknya jangan tekuni bisnis ini ! Mendingan menjadi penjual Affiliasi saja !

Penjual Affiliasi atau Affiliate Prgram ini hampir sama dengan makelar di dunia nyata. Terus pendapatan kita dari mana pak Wapan ? Tentunya dari komisi penjualan. Tugas anda adalah memberikan ulasan, review, manfaat, kelebihan, dan keuntungan produk tadi di website atau blog anda. Kemudian sediakan satu link ke tempat penjualan produk tersebut. Jika pengunjung anda tertarik dan kemudian membeli barang tersebut maka berbahagialah karena rekening anda akan ditransferi komisi penjualannya. Duh…. senangnya !

Nah, apakah wapannuri.com juga menjalankan jenis usaha program afiliasi ini ? TENTU SAJA ! Mau mengintip ? Silahkan klik review yang saya buat untuk jagoanhosting.com dan suryapromo.com ! Namanya juga usaha mas….berhasil atau tidak kan tidak masalah. Yang penting usaha dulu ! Ntar lama-lama kan pinter.

Untuk situs Indonesia yang menyediakan affiliasi ini banyak sekaaaaaali. Jika bahasa inggris anda bagus maka cobalah untuk mendaftar di clickbank.com karena website itu sangat terkenal di jenis usaha penjualan affiliasi ini. Mau coba jadi partner affiliasi penjualan tiket online ? Silahkan masuk ke travelsentosa.com


AsianBrain.com 
yang di-coach langsung oleh Anne Ahira. Kita bisa belajar dan berkonsultasi secara online mengenai Internet Marketing.

JENIS USAHA ONLINE : PEMBUAT WEBSITE
Rasanya jenis usaha ini yang mau saya tekuni….he…he…he….stop ! Stop ! Jangan berpikiran kalo saya sekolah IT, bidang programmer, ahli disain grafis, bahkan master toko online. Nggak, saya baru belajar bikin website 2 tahun lalu. Saya belajar dari nol secara otodidak. Sekolah saya ekonomi manajemen. Cuman saya senang mengutak-atik komputer. Boleh dikata saya tidak mempunyai kemampuan apapun di bidang software atau bikin program. Saya gak terlalu ngerti php, apache, mysql, coldfusion, dan tetek bengek lainnya. Yang saya ketahui cuman SEO, dan kopas (kopi dan pasta!)

Nah loh….apa bukan mimpi di siang bolong mau menggeluti jenis usaha ini pak Wapan ? Iyo… rasanya gak masuk akal, moso sih aku iso ? Saya sendiri gak percaya…ha…ha…ha… Namanya juga impian, kan saya mengikuti kata-kata orang, “mimpilah setinggi langit !” Rencana saya sih saya menjadi pembuat website untuk sektor usaha kecil menengah. Jenis usaha yang unik namun dibutuhkan. Contohnya adalah penjual rempah – rempah.

Di kota saya, yang jualan rempah – rempah ini umumnya berpusat di pasar pabean. Seberapa kaya engkoh – engkoh penjual rempah – rempah ini ? Sebenarnya kalo kita liat om – om di pasar ini kita gak bakalan nyangka kalo mereka sebenarnya sugih soro…. wes ta lah…penampilannya gak menjaji…kaos ote – ote, celana pendek, dan mambu iwak asin. Nek berangkat kerja naik sepeda motor lawas… Honda kuntul, Suzuki RC 100, atau Honda WIN 100. Nek liat rumahnya podo aeee….wes..wes…gak ngetoki nek sugih ! Ha…ha…ha…. memang begitulah ciri – ciri orang cina totok ! Komunitas orang lama yang tidak mengenal teknologi dan tidak mau dijajah dengan teknologi !

Gimana dengan omzet mereka ? Jangan pernah terkejut kalo penjualan rempah – rempah mereka berton – ton tiap bulannya. Walaupun toko mereka kecil, bau, dan nylimpet, sesek, serta sempit tapi barang dagangan mereka njedok sak gudang ! Pelanggan mereka dari Surabaya, luar Surabaya, dan luar pulau Jawa. Saat ini, anaknya engkoh – engkoh tersebut wes gede – gede, paling tidak seumuran dengan saya atau bahkan lebih muda dari saya.

Nah, dari ilmu psikologi yang saya pelajari, kita biasanya mendidik anak – anak kita dengan apa yang kita ketahui dan berdasarkan nilai – nilai budaya yang kita anuti. Encek pabean tadi dibesarkan tanpa komputer, ilmu manajeman, dan internet. Sedangkan anak – anak mereka mengenal komputer di usia remajanya, dan mendownload filem porno di masa mudanya, serta saat ini tidak bisa hidup tanpa facebook. Sedangkan cucu encek pabean tadi mulai dari kecil wes megang komputer dan mententeng laptop ke sekolahnya. Artinya…. ada pergeseran nilai budaya, tren masa depan, dan revolusi bisnis serta budaya !

Ada kemungkinan proses penjualan rempah – rempah seperti, lombok ,cabe, merica, telasih, lada, dan lainnya berubah juga. Bisa secara online maupun secara offline. Nah, pertanyaannya… perlukah kita membuat sebuah toko online yang menjual barang – barang kebutuhan pokok ini ? Bukankah sebelumnya Pak Wapan mengatakan bahwa tindakan ini sia – sia dan buang – buang waktu, pikiran,serta tenaga ? Iya betul…. tepat sekali !

Memang jenis usaha seperti ini tidak cocok dibuatkan toko onlinenya ! Dan saya sendiri tidak mampu membuat program toko online. Jadi apa yang akan saya lakukan ? Saya akan membuat sebuah website company profile untuk jenis usaha tersebut ! Sekalipun mereka tidak perlu membuat toko online, bentuk usaha mereka yang unik tetap memerlukan sebuah situs yang meampilkan produk – produk yang mereka jual dan bagaimana cara membeli atau menghubungi mereka !

Perlukah sebuah company profile untuk menjual produk rempah – rempah ini ? Coba deh anda tanyakan kepada diri anda sendiri…ketika memutuskan untuk membeli suatu barang kira – kira mana yang lebih meyakinkan ? Sebuah website dengan company profile atau sebuah iklan gratisan ? Apalagi jika transaksi yang terlibat di sini nilainya jutaan rupiah ? Mana yang lebih anda percayai ? Sebuah perusahan online yang lebih jelas atau sebuah iklan baris yang gratisan ? Sekalipun pada akhirnya kita tahu kedua perusahaan tersebut benar – benar menjual rempah – rempah. Apalagi jika ada tulisan terkenal sejak tahun 2000. He…he…he…

Nah, apakah jenis usaha yang masuk dalam kategori ini cuman jasa pembuatan webiste saja ? Tentu saja tidak ! Anda bisa mengambil peluang di bidang disain web, atau di bidang Search Engine Optimization, atau bisa juga di bidang Internet Marketing ! Cobalah untuk berpikir kreatif, saya yakin anda akan menemukan kesempatan – kesempatan tersembunyi di sini !

JENIS USAHA ONLINE MANA YANG LAYAK DITEKUNI ?


Saya rasa semua jenis usaha yang berbau online atau internet layak dan harus ditekuni ! Mengapa ? Sebab saya percaya beberapa tahun kedepan cara kita melakukan bisnis akan berubah drastis. Waduh….berubah seperti apa pak Wapan ? Berubah seperti negara – negara maju, layaknya Amerika, Eropa, dan Jepang. Negara kita ini sekarang akan berubah statusnya dari negara berkembang menjadi negara maju, negara modern, dan negara pengkonsumsi !

Mau atau tidak, kita semua, dan anak – anak kita dipaksa untuk mengikuti perkembangan tekonlogi. Ini positif karena perekembangan teknologi yang kita alami saat ini lebih memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan kita sehari – hari. Siapa yang tidak mampu mengikutinya akan ditinggal oleh mereka yang mau. Siapa yang acuh tak acuh dengan perekembangan teknologi akan dimakan oleh mereka yang memulainya sejak dini. Perusahaan harus belajar supaya tidak ketinggalan dengan perusahaan lainnya. Belajar memang tidak enak, tetapi hasil yang mereka dapatkan jauh lebih efisien dan efektif ! Pintar itu bukan karena otak seseorang lebih besar, tetapi karena sudah lebih dulu mengalaminya, belajar dari kesalahannya, dan belajar dari orang yang lebih dulu sukses !

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>